Home / Nusantara / Bagikan Masker di Hari Pers, PWMB Ajak Masyarakat Konsisten Terapkan Prokes
Wartawan di Labuan Bajo saat membagikan masker dalam peringatan Hari Pers Nasional 2021. (kitaindonesia/itho umar)

Bagikan Masker di Hari Pers, PWMB Ajak Masyarakat Konsisten Terapkan Prokes

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Para jurnalis yang tergabung dalam wadah Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB), membagikan ribuan masker kepada masyarakat di sejumlah titik di Labuan Bajo, Selasa (9/2/2021). Pembagian masker bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional ini dilakukan PWMB guna mengajak masyarakat agar konsisten menerapkan protokol kesehatan.

“Memang kegiatan kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk memperingati Hari Pers Nasional 2021 kali ini, PWMB secara khusus membagikan masker,” kata Ketua PWMB Gerasimos Satria, usai kegiatan membagikan masker ini.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak masyarakat untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker,” imbuhnya.

Ia menambahkan, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat semakin meningkat. Saat ini, jumlah pasien Covid- 19 di ujung barat Pulau Flores itu mencapai 414 oran. Sebanyak 12 pasien di antaranya meninggal dunia.

“Dengan tingginya kasus ini, tentu Labuan Bajo sebagai destinasi super premium dan masyarakatnya yang bergantung pada sektor pariwisata, sangat terpukul. Mereka yang bekerja di sektor pariwisata, sangat merasakan dampaknya. Ratusan karyawan hotel dan restoran di Labuan Bajo kehilangan pekerjaan,” papar Satria.

Mencermati kondisi ini, imbuhnya, perlu kesadaran kolektif dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona. Ini pula yang mendorong PWMB membagikan masker di peringatan Hari Pers Nasional 2021 ini.

“PWMB ingin menyampaikan bahwa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bukan saja tugas pemerintah, tetapi tugas semua elemen masyarakat. PWMB mau mengajak masyarakat di Labuan Bajo untuk terus bergerak memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ajak Satria.

Hal senada disampaikan Sekretaris PWMB, Itho Umar. Menurut dia, kegiatan yang dilakukan merupakan langkah wartawan di Kabupaten Manggarai Barat untuk mendukung upaya pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kegiatan ini dapat membantu program pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Itho Umar.

Ia berharap, kegiatan ini dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Khusus kepada kawan-kawan seprofesi, momentum Hari Pers Nasional ini tentu penting dalam melakukan evaluasi dan introspeksi atas kinerja yang sudah dilakukan selama ini. Tetap junjung tinggi indenpendesi, profesional, bermartabat, dan beradab, agar dapat memenuhi kebutuhan publik memperoleh informasi yang benar dan akurat,” ujar Itho Umar, yang juga Ketua Komunitas Pemuda Anti Radikal (KOPEARAD) Kabupaten Manggarai Barat ini.

Sementara itu usai membagikan masker, para jurnalis yang tergabung dalam PWBM menggelar syukuran secara sederhana di Rumah Makan Thirteen Chicks Labuan Bajo. Pada kesempatan tersebut, PWMB banyak menerima ucapan selamat dari berbagai pihak, hingga mendapatkan kado.

Kue ulang tahun misalnya dari pihak RS Siloam Labuan Bajo dan Hotel Exotik. Ada juga buah pisang dari Feliks Armin, penjual sayur keliling di Labuan Bajo. (KI-05)

Check Also

Muscablub Pemuda Pancasila Karangasem, Sujanayasa Terpilih Aklamasi Jadi Ketua

Karangasem (KitaIndonesia.Com) – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem menggelar Musyawarah Cabang Luar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *