Home / Olahraga / Aprilia Persembahkan Medali Emas Pertama Taekwondo di Ajang POPNAS
Ni Luh Aprilia Tribhuana Chigayatri yang sukses mempersembahkan medali emas dari cabang olahraga Taekwondo di arena POPNAS 2019. (istimewa)

Aprilia Persembahkan Medali Emas Pertama Taekwondo di Ajang POPNAS

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Ada cerita menarik tentang keikutsertaan Bali di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS), khususnya untuk cabang olahraga Taekwondo. Bali mengikuti ajang dua tahunan tersebut sejak tahun 2011, di Riau.

Ketika itu, tim Taekwondo Bali yang dipimpin pelatih Wayan Sumada, hanya meraih 2 medali perunggu, masing-masing lewat Vina Warapsari dan Carlos Valderama. Medali emas hanya sebatas angan saat itu.

Pada POPNAS 2015 di Bandung, Jawa Barat, ada ada peningkatan raihan medali cabang olahraga Taekwondo setelah mengoleksi 1 medali perak dan 2 medali perunggu. Namun pada POPNAS 2017, Bali kembali hanya mampu membawa pulang 2 medali perunggu yang dipersembahkan oleh Evelin (poomsae) dan taekwondoin yang berlatih di Dojang Secta, Ayu Wida Adhyanti (kyurogi 68 kg putri).

Setelah delapan tahun menunggu, akhirnya medali emas yang paling diincar itu berhasil diraih untuk pertama kalinya di cabang Taekwondo, pada POPNAS 2019. IPC Corporate University, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, arena POPNAS 2019, menjadi saksi sejarah tim Taekwondo Bali kali ini.

Adalah Ni Luh Aprilia Tribhuana Chigayatri (46 kg/ putri) yang sukses mempersembahkan medali emas setelah di partai final mengalahkan atlet Taekwondo DKI Jakarta dengan skor telak 25-6. Tak hanya di partai puncak, Aprilia sudah memberikan harapan sejak awal ketika pada partai-partai sebelumnya menang dengan skor meyakinkan atas lawan – lawannya, masing-masing atlet Taekwondo NTT (29-2), Kaltim (15-1), dan DIY (15-2).

Raihan ini pun disambut gembira oleh seluruh insan Taekwondo Bali, khususnya tim dan keluarga para atlet. Bahkan KONI Bali serta Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, turut berbahagia dengan torehan ini.

Menurut Sekretaris Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan, KONI Bali sebagai induk semang seluruh cabang olahraga di Bali merasa sangat bangga juga terharu dengan perjuangan tim Taekwondo Bali yang dipimpin pelatih senior Ade Iwan Setiawan (DAN V Kukkiwon) bersama rekannya Agus Indra (DAN III Kukkiwon).

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi tim Taekwondo Bali di Popnas XV Tahun 2019 ini. Apalagi medali emas tersebut adalah yang pertama bagi Bali di ajang tingkat pelajar nasional. Sekali lagi, kami bangga dan berharap emas ini bisa terus dipertahankan ke depan, hingga tradisi seperti ini bisa terus diulang,” kata Oka Darmawan, di ruang kerjanya di Kantor KONI Bali, Denpasar, Senin (25/11/2019).

“Selamat buat tim Taekwondo POPNAS 2019 dan tentunya selamat untuk Dispora Bali yang akhirnya bisa mendapatkan emas dari cabang olahraga beladiri asal Korea tersebut,” tutur Oka Darmawan. (KI4)

Check Also

Ganda Putri Indonesia Cetak Sejarah, Togar Situmorang: Mereka Bertarung untuk Indonesia

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/ Apriyani Rahayu, sukses menyabet medali emas di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *