Home / Peristiwa / Nasional / Apresiasi 100 Hari Kepemimpinan Kapolri, Ini Harapan Togar Situmorang ke Depan
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Advokat Togar Situmorang. (istimewa)

Apresiasi 100 Hari Kepemimpinan Kapolri, Ini Harapan Togar Situmorang ke Depan

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo merayakan ulang tahun ke-52 pada Rabu 5 Mei 2021. Dua hari berselang, Jumat 7 Mei 2021, juga merupakan momentum genap 100 hari Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kapolri.

Kedua momen ini mendapat perhatian khusus dari advokat senior yang juga pengamat kebijakan publik Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA.

“Kami mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke-52 untuk Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo,” tutur Togar Situmorang, di Law Firm Togar Situmorang Cabang Jakarta di Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Gedung Piccadilly, Jakarta Selatan, Jumat 7 Mei 2021.

Advokat kelahiran Jakarta ini menyebut, Kapolri saat ini merupakan sosok yang hebat dan cerdas. Buktinya, Listyo Sigit Prabowo tercatat sebagai Kapolri termuda yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan yang sama, Togar Situmorang juga mengapresiasi kinerja Kapolri dan jajaran dalam 100 hari ini. Ia tak menampik, sudah banyak hal yang dilakukan Kapolda di awal kepemimpinannya.

Seperti bersilahturahmi dengan pimpinan institusi lain dan ormas-ormas keagamaan hingga berkunjung ke banyak provinsi di tanah air bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Kapolri misalnya sudah berkunjung ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, NTT, NTB, Sulut, Sulteng, Sulbar, Sulsel, Papua, Sumut dan Sumsel.

Selain itu, Kapolri juga melakukan berbagai inovasi dan terobosan, menegaskan komitmen dalam memerangi terorisme, hingga memastikan keamanan di berbagai daerah termasuk dalam beberapa hari raya besar.

Sebagai mitra penegak hukum, Togar Situmorang menegaskan komitmen dan dukungannya untuk terus melakukan berbagai kegiatan demi mendukung citra Polri yang kini semakin membaik. Apalagi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengusung tagline Polri Presisi juga terus melakukan perbaikan.

Togar Situmorang pun menyampaikan harapannya ke depan untuk Kapolri dan jajaran. Salah satunya, jajaran kepolisian diharapkan bisa saling menghormati dan menghargai rekan sejawat dalam penegakan hukum termasuk para advokat.

“Kami para advokat bekerja berdasarkan surat kuasa dan perjanjian jasa hukum, dan dalam menjalankan itu kami mengenal amanah officium nobile,” tutur advokat berdarah Batak ini.

“Sangat disayangkan apabila advokat yang telah menjalankan kewajibannya sebagai seorang advokat dengan baik malah disalahgunakan atau dimanfaatkan hingga dikriminalisasi,” lanjut Togar Situmorang.

Ia berharap, kondisi tersebut tidak terjadi lagi ke depan. Apabila masyarakat merasa ada sesuatu hal yang dirugikan itu, maka lebih bijak jika melaporkan yang bersangkutan ke organisasi advokat.

“Jangan langsung main dipolisikan. Laporkan dulu kepada organisasi advokat yang menaunginya. Kecuali kalau advokat itu melakukan pidana umum,” harap Togar Situmorang.

Ia pun mendorong Kapolri untuk mengatur secara khusus hal ini dalam sebuah Perkap (Peraturan Kapolri). Sehingga yang namanya diskresi pengadilan, tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Semoga Polri di bawah kepemimpinan Bapak Listyo Sigit ke depan bisa menyampaikan dan menampilkan Polri yang tegas namun humanis. Bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana Polri memberikan pelayanan secara transparan, dan bagaimana Polri mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan,” harap Togar Situmorang.

“Salam Presisi. Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan,” pungkas CEO & Founder Law Firm Togar Situmorang yang berkantor pusat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar Selatan, serta cabang di Jakarta, Denpasar dan Jalan Raya Pengalengan Nomor 355 Bandung itu. (KI-01)

Check Also

Presiden Jokowi Rayakan Ultah Ke-60, Togar Situmorang: Pemimpin Amanah, Indonesia Pasti Cepat Pulih

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan ulang tahun yang ke-60, Senin 21 Juni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *