Home / Nusantara / Angka Positif Covid-19 di Mabar Tembus 364 Kasus, 142 Orang Jalani Isolasi Mandiri
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Yohanes Johan. (kitaindonesia/itho umar)

Angka Positif Covid-19 di Mabar Tembus 364 Kasus, 142 Orang Jalani Isolasi Mandiri

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, terus melonjak. Saat ini, kasus positif Covid-19 di Bumi Komodo itu sudah menembus angka 364 kasus.

Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Yohanes Johan, AMd, di Labuan Bajo, Sabtu (30/1/2021). Ia pun menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan konsisten menerapkan protokol kesehatan.

“Wajib mengenakan masker hingga menutup hidung dan mulut, selalu mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan. Jangan masa bodoh dengan protokol kesehatan,” ujar Johan.

Kelalaian masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, imbuhnya, membuat kasus positif Covid-19 di ujung barat Pulau Flores itu terus menunjukkan tren peningkatan. Pada tanggal 29 Januari 2021 misalnya, ada penambahan 10 kasus positif Covid-19. Sementara tanggal 30 Januari 2021, ada penambahan empat kasus baru.

“Rata-rata cluster lokal, sehingga total pasien positif Covid-19 di Manggarai Barat mencapai 364 orang,” papar Johan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 171 pasien positif Covid-19 masih menjalani isolasi. Isolasi dilakukan di RSUD Komodo Labuan Bajo, RS Siloam, rumah karantina dan ada juga yang menjalani isolasi secara mandiri di rumah masing-masing.

“Sebanyak 27 pasien menjalani isolasi di RSUD Komodo Labuan Bajo, masing-masing satu pasien di RS Siloam dan rumah karantina milik Pemkab Manggarai Barat, serta sisanya 142 pasien menjalani isolasi di kediaman masing-masing,” beber Johan.

Khusus pasien yang dinyatakan sembuh bertambah tujuh orang, sehingga jumlahnya sebanyak 184 orang sembuh. Adapun kasus meninggal dunia sebanyak sembilan orang. (KI-05)

Check Also

Hari Laut Sedunia, Escape Bajo Bersama Komodo Escape Gelar Aksi Bersihkan Sampah di Pantai dan Laut

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Escape Bajo bersama Komodo Escape akan menggelar aksi bersihkan sampah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *