Home / Nusantara / Ancaman Varian Baru Covid-19, Togar Situmorang Ajak Masyarakat Tak Lengah
Advokat senior yang juga pengamat kebijakan publik Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA. (istimewa)

Ancaman Varian Baru Covid-19, Togar Situmorang Ajak Masyarakat Tak Lengah

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pandemi Covid-19 terus menjadi ancaman. Di tengah upaya keras pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona, kabar tak mengenakkan justru datang.

Dalam keterangannya di Denpasar, Selasa 4 Mei 2021, Gubernur Bali Wayan Koster mengakui bahwa pihaknya telah mendapat informasi langsung dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 3 Mei 2021 bahwa telah ditemukan dua (2) orang positif Covif-19 yang terinfeksi varian baru mutasi virus Covid-19.

Satu orang diantaranya mengalami positif akibat penularan varian baru dari Afrika Selatan dengan kode B1351. Adapun satu satu orang lainnya dinyatakan positif akibat penularan varian baru dari Inggris dengan kode B117.

Berkaitan dengan informasi ini, advokat senior yang juga pengamat kebijakan publik Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA, mengajak masyarakat agar tidak lengah. Ancaman varian baru Covid-19 ini hanya bisa diatasi jika semua pihak taat menerapkan protokol kesehatan.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan, kami mengajak seluruh masyarakat agar menaati protokol kesehatan,” ajaknya.

Advokat kelahiran Jakarta ini juga mengajak seluruh masyarakat di Pulau Bali agar menaati Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 07 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Desa/ Kelurahan Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali.

Namun di sisi lain, Togar Situmorang juga mengharapkan agar apabila pembatasan tersebut benar-benar dilaksanakan, maka Pemprov Bali harus tetap memperhatikan kehidupan masyarakat Bali. Roda ekonomi, harus tetap diberikan ruang untuk bergerak.

“Ini penting karena banyak masyarakat Bali yang di-PHK akibat pandemi ini. Pemerintah daerah Bali harus tetap menjamin kebutuhan pokok masyarakat,” tutur Togar Situmorang.

Ia pun mengajak pemerintah dan masyarakat, agar bersatu – padu untuk membasmi virus yang sudah menyengsarakan masyarakat ini. Di sisi lain, juga memikirkan solusi agar kondisi ekonomi masyarakat tak semakin terpuruk.

“Sudah satu tahun lebih kita terpuruk dengan keadaan ini. Perekonomian dunia dan Indonesia khususnya mengalami penurunan drastis yang dianggap lebih parah daripada krisis moneter pada tahun 2008 silam,” ucapnya.

“Oleh sebab itu, mari kita bersama saling menjaga dan bekerja sama. Masyarakat jangan lengah. Namun saat bersamaan, pemerintah juga mesti berpikir keras agar sektor ekonomi tetap berdenyut,” imbuh Togar Situmorang.

Advokat yang sering disapa “Panglima Hukum” ini optimistis, pemerintah akan mengerahkan segala kemampuannya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan di sisi lain juga tak membiarkan kondisi ekonomi masyarakat semakin terpuruk.

“Mari kira semua tertib dan disiplin menerapkan pola hidup sehat dan bebas Covid-19 dengan 6M yaitu memakai masker standar dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi bepergian, meningkatkan imun tubuh, dan menaati aturan,” pungkas CEO & Founder Law Firm Togar Situmorang yang berkantor pusat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar Selatan, serta cabang di Jakarta, Denpasar dan Jalan Raya Pengalengan Nomor 355, Bandung ini. (KI-01)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *