Home / Politik / AG-AG Berkomitmen Tingkatkan Anggaran Sektor Pertanian
Calon Bupati Manggarai Barat, Adrianus Garu, saat berdialog dengan salah seorang warga belum lama ini. (istimewa)

AG-AG Berkomitmen Tingkatkan Anggaran Sektor Pertanian

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Manggarai Barat telah ditetapkan sebagai daerah pariwisata super premium. Itu artinya, sektor pariwisata diharapkan akan menjadi lokomotif perekonomian di ujung barat Pulau Flores itu.

Meski pariwisata telah menjadi primadona, bukan berarti Manggarai Barat terlepas dari sektor pertanian. Pasalnya, mayoritas masyarakat di Bumi Komodo itu bermata pencaharian sebagai petani.

Sayangnya selama ini sektor primer tersebut masih jauh dari perhatian. Buktinya, anggaran untuk sektor pertanian baru di kisaran 0.5 persen dari total APBD Kabupaten Manggarai Barat.

Kondisi ini mendapat perhatian khusus dari pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat, Adrianus Garu dan Anggalinus Gapul (AG-AG). Pasangan calon nomor urut 4 ini berkomitmen untuk meningkatkan anggaran sektor pertanian apabila dipercaya menakhodai Manggarai Barat tanggal 9 Desember mendatang.

“Apabila dimandatkan oleh masyarakat Manggarai Barat, maka saya bersama Anggalinus Gapul akan menjamin seluruh hak petani untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor pertanian. Bahkan, produktivitas di sektor pertanian juga akan terjamin,” kata Calon Bupati Adrianus Garu, di Labuan Bajo, beberapa waktu lalu.

Menurut Andre Garu, sapaan akrabnya, selama ini anggaran yang dialokasikan untuk peningkatan sektor pertanian sangat minim. Akibatnya, eksistensi pertanian tidak berdampak pada kualitas hidup para petani.

Karena itu, peningkatan pada sektor pertanian merupakan salah satu program kerja paket AG-AG. Hal tersebut penting dalam rangka mendukung produktivitas para petani untuk menyediakan hasil produk.

“Bayangkan, selama ini anggaran untuk pertanian hanya 0,5%. Bagaimana petani mau sejahtera? Wajar mereka hanya bisa nonton di tengah pengembangan wisata super premium saat ini,” ujar Ketua DPP Partai Hanura yang juga mantan anggota DPD RI Perwakilan NTT itu.

Rendahnya anggaran untuk sektor pertanian, demikian Andre Garu, berdampak pada kondisi para petani Manggarai Barat yang memprihatinkan. Bahkan saat ini, para petani didominasi sebagai penonton di tengah hiruk – pikuk industri pariwisata.

“Karena itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan anggaran sektor pertanian yang saat ini hanya 0,5% dari APBD menjadi 7% hingga 10%,” pungkas Andre Garu. (KI-TIM)

Check Also

Tjokorda Tabanan bersama Sabantara Pekaseh se-Kabupaten Tabanan All Out Menangkan Paket Jaya Wira

Tabanan (KitaIndonesia.Com) – Dukungan terhadap Pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tabanan, I …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *