Home / Peristiwa / Nasional / 77 Tersangka Hoaks Covid-19 Sedang Diproses, 12 Orang Sudah Ditahan
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny Gerard Plate. (istimewa)

77 Tersangka Hoaks Covid-19 Sedang Diproses, 12 Orang Sudah Ditahan

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny Gerard Plate, mengingatkan masyarakat untuk tidak memproduksi dan menyebarkan informasi bohong atau hoaks terkait wabah virus corona (Covid-19).

Hingga 8 April 2020, menurut mantan Ketua Fraksi NasDem DPR RI ini, ada 474 isu hoaks secara kumulatif dan tersebar di lebih dari 1.000 sebaran platform digital.

“Ada 77 tersangka yang sedang diproses, 12 di antaranya sudah ditahan. Dan 65 masih dalam proses,” jelas Johnny Plate, saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Johnny Plate menegaskan, tindakan memproduksi dan menyebarkan hoaks memiliki konsekuensi hukum, termasuk pelanggaran hukum pidana dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Karena itu, politikus asal Nusa Tenggara Timur ini mengajak masyarakat agar cerdas memanfaatkan ruang digital di tengah keresahan dunia terkait pandemi corona saat ini.

Selain memproses para pelaku yang memproduksi dan menyebarkan hoaks, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah melakukan koordinasi dengan pelaku platform digital, baik yang berkantor pusat di Amerika Serikat dan Indonesia, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube.

“Kami meminta agar segera melakukan proses take down atau blokir terhadap hoaks dan disinformasi yang berada di platform mereka masing-masing,” ujar Johnny Plate.

Sebanyak 1.125 sebaran hoaks telah teridentifikasi, antara lain di Facebook 785 hoaks, Twitter 324, Instagram 10 dan Youtube 6. Sejumlah isu hoaks telah ditindaklanjuti oleh pelaku platform digital tersebut. (KI10)

Check Also

PON Papua, Togar Situmorang: Perkuat Fungsi Intelijen Antisipasi Ancaman KKB

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan berlangsung di Papua, tanggal 2 sampai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *