Home / Peristiwa / Nasional / 7 Provinsi dan 41 Kabupaten Sudah Tetapkan Siaga Darurat Covid-19
Ahmad Yurianto. (istimewa)

7 Provinsi dan 41 Kabupaten Sudah Tetapkan Siaga Darurat Covid-19

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat sebanyak tujuh provinsi serta 41 kabupaten dan kota di Indonesia telah menetapkan status siaga darurat bencana wabah virus corona.

“Beberapa daerah melawan Covid-19 dengan berbagai inovasi termasuk mengawasi mobilitas penduduk di wilayahnya,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Hal itu sekaligus menjadi bentuk konsekuensi dan kesungguhan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19.

“Tetap kita akan konsekuen dan bersungguh-sungguh memutus penularan ini, mari bersama-sama dan mampu melakukan ini karena ini kunci yang menjadi dasar pengendalian dan penghentian Covid-19 ini,” ucapnya.

Dalam UU Nomor 24 Tahun 2007, disebutkan bahwa status keadaan darurat bencana adalah suatu keadaan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk jangka waktu tertentu atas dasar rekomendasi badan yang diberi tugas untuk menanggulangi bencana. Status keadaan darurat ditetapkan oleh pemerintah. Pada tingkatan nasional ditetapkan oleh presiden, tingkat provinsi oleh gubernur, dan tingkat kabupaten/ kota oleh bupati/ walikota.

Dalam hal ini terdapat tiga jenis status keadaan darurat bencana yaitu siaga darurat, tanggap darurat dan darurat ke pemulihan. Status siaga darurat adalah keadaan ketika potensi ancaman bencana sudah mengarah pada terjadinya bencana yang ditandai dengan adanya informasi peningkatan ancaman berdasarkan sistem peringatan dini yang diberlakukan dan pertimbangan dampak yang akan terjadi di masyarakat.

Status tanggap darurat adalah keadaan ketika ancaman bencana terjadi dan telah mengganggu kehidupan dan penghidupan sekelompok orang/ masyarakat. Dengan penetapan status tersebut di daerah, maka pemerintah pusat dapat membantu pemerintah daerah satu sama lain dalam rangka memenuhi segala kebutuhan yang dianggap perlu dalam rangka penanganan dan penanggulangan bencana.

Adapun ketujuh provinsi yang telah menetapkan status siaga darurat bencana wabah virus corona masing-masing adalah Provinsi Sumatera Utara, Papua, Bali, Kalimantan Selatan, Riau, Jambi dan NTB.

Sementara 41 kabupaten dan kota di Indonesia telah menetapkan status siaga darurat bencana wabah virus corona, di antaranya Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Lombok Tengah, Kota Mataram, Kabupaten Katingan, Kabupaten Simalungun, Kota Kendari, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Nabire, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Pidie Jaya.

Selanjutnya Kabupaten Kapuas, Kabupaten Aceh Timur, Kota Bima, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kota Jayapura, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Bintan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Jeneponto, Kota Tarakan, Kabupaten Bolaang Mangondow, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Agam dan Kabupaten Bengkulu Tengah. (KI15)

Check Also

PON Papua, Togar Situmorang: Perkuat Fungsi Intelijen Antisipasi Ancaman KKB

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan berlangsung di Papua, tanggal 2 sampai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *