Home / Ekonomi / 50% UMKM Go Digital Tahun 2024

50% UMKM Go Digital Tahun 2024

Jakarta, (KitaIndonesia.Com) – UMKM adalah satu tulang punggung ekonomi di Indonesia. Perannya yang vital itu tergambar dalam data bahwa dari sekitar 62 juta unit usaha di Indonesia, sekitar 99% merupakan UMKM.

Untuk itu, pemberdayaan sektor UMKM amatlah penting, tak hanya bagi pemerintah, namun juga pihak lain seperti institusi di bidang terkait sampai akademisi. Apalagi kehadiran teknologi sering dianggap sebagai disrupsi karena ditengarai malah akan mengurangi jumlah potensi tenaga kerja sektor UMKM.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan menargetkan sebanyak 50% usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sudah terdigitalisasi pada 2024. Target tersebut pun telah dimasukkan ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024.

Maka dari itu, diperlukan kerja keras guna mengangkat sektor UMKM menjadi lebih berdaya saing dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Saat ini, sedianya sudah tersedia platform seperti marketplace yang merupakan akses pasar bagi produk-produk UMKM. Sayangnya, porsi untuk produk-produk dalam negeri masih belum cukup besar.

Pengamat ekonomi digital Yudi Candra mengungkapkan, hingga akhir 2018, jumlah usaha mikro di Indonesia mencapai 58,91 juta unit dan usaha kecil sebesar 59.260. Adapun jumlah usaha menengah mencapai 4.987 unit.

Dari jumlah tersebut, baru 5% yang sudah go digital. Sisanya masih sangat konvensional dalam pengembangan usaha mereka.

Check Also

Nyoman Parta Kritik Amburadulnya Pencairan Dana BPUM Hingga Pemotongan Oleh Bank

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta, melontarkan kritik keras terkait …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *