Home / Sains & Tekno / 4 Jenis Pekerjaan Baru yang Muncul karena Digitalisasi
Ilustrasi Gerakan Digital (Ist)

4 Jenis Pekerjaan Baru yang Muncul karena Digitalisasi

Jayapura (KitaIndonesia.Com) – Perkembangan teknologi memicu terjadinya digitalisasi. Sekarang, segala kebutuhan dan aktivitas bisa dilakukan seseorang lewat internet atau secara online.

Johana Maria Phinansia, seorang apoteker sekaligus penggiat digital, mengatakan dampak digitalisasi di sektor lapangan pekerjaan sangat besar, dengan munculnya jenis-jenis pekerjaan baru yang tidak terpikirkan sebelumnya.

“Dulu kalau ditanya kita mau jadi apa, pekerjaan yang terpikirka biasanya dokter, arsitek, polisi, pilot. Sekarang anak-anak ditanya mau jadi apa, jawabnya influencer dan content creator,” ujar peremppuan yang akrab disapa Nansi ini, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah kota Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021).

Karena digitalisasi, penggunaan internet dalam keseharian pun semakin penting. Hal ini membuat lapangan pekerjaan yang berkaitan dengan sektor tersebut pun meningkat pesat.

Ia mencatat setidaknya ada empat jenis pekerjaan yang muncul karena digitalisasi. Apa saja?

  1. Web designer

Seiring meningkatnya penggunaan internet, bermunculan pula beragam situs yang memuat berbagai macam informasi. Mulai dari profil perusahaan hingga profil pesohor, informasi-informasi tersebut bisa disimpan dalam sebuah alamat situs atau web.

Inilah yang membuat pekerjaan web designer menjadi semakin populer. Nansi mengatakan pekerjaan sebagai web designer berkaitan erat dengan popularitas sebuah situs.

“Kalau ingin situs terlihat menarik, bagus, dan banyak yang mengunjungi, harus ada web designer yang jempolan juga,” paparnya.

  1. Social media specialist

Peningkatan interaksi sosial lewat internet terjadi karena menjamurnya media sosial yang digunakan masyarakat. Tentu saja, kehadiran media sosial menjadi celah baru melakukan teknik periklanan atau marketing.

Tidak lagi dengan pamflet ataupun iklan di billboard, iklan-iklan produk dan jasa kini lazim menggunakan unggahan sosial media yang kreatif dan menarik.

“Social media specialist ini orang di belakangnya. Dia yang bertugas mengelola dan membuat konten dalam sebuah perusahaan, melakukan analisa tren, dan eksekusi kampanye media sosial yang menarik,” paparnya lagi.

  1. Trader saham

Tidak cuma untuk interaksi sosial, digitalisasi juga mengubah sektor perbankan dan perekonomian. Salah satu jenis pekerjaan yang muncul adalah trader saham.

“Sekarang pergerakan bursa efek bisa dipantau langsung secara online. Dengan modal aplikasi saja seseorang bahkan sudah bisa menjadi trader saham,” urainya.

  1. Dropshipper

Berjualan tanpa toko dan stok barang, mungkinkah dilakukan? Nansi mengatakan sangat mungkin. Sebab itulah yang dilakukan oleh para dropshipper.

“Hanya dengan modal internet saja, Anda bisa buka toko online. Barangnya pesan dari toko lain, menggunakan sistem dropship jadi seolah-olah dikirim toko Anda,” tuturnya.

Webinar ini juga menghadirkan Agus Jamiatul (General Manager TC Invest), Yazid Yanwar Saputra (Founder Meraki Agency), dan Reza Aditya (key opinion leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (KI7)

Check Also

Pentingnya Menjaga Rekam Jejak Digital Positif

Mataram (KitaIndonesia.Com)– Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini terpengaruh oleh teknologi digital. Majunya teknologi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *