Home / Hukum / 279 Juta Data WNI Bocor, Polisi Geledah Kantor BPJS Kesehatan
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. (istimewa)

279 Juta Data WNI Bocor, Polisi Geledah Kantor BPJS Kesehatan

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Bareskrim Polri menggeledah kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Pusat (Jakpus) selama 3 hari berturut-turut. Penggeledahan dilakukan menyusul adanya dugaan telah terjadi kebocoran 279 juta data peserta BPJS Kesehatan.

Infomasi yang berkembang, data WNI tersebut diperjualbelikan di sebuah situs bernama Raid Forum.

“Telah dilakukan penggeledahan pada tanggal 8, 9, dan 10 Juni 2021 di Kantor BPJS Kesehatan terhadap server BPJS Kesehatan di Jakarta Pusat,” jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, melalui pesan singkat, di Jakarta, Jumat 25 Juni 2021.

Dalam penggeledahan tersebut, tim Forensik Siber Bareskrim juga melihat langsung database BPJS Kesehatan pada hari ketiga penggeledahan.

“Pada tanggal 10 Juni 2021, tim Forensik Siber Bareskrim telah melihat secara langsung database BPJS Kesehatan,” ucapnya.

Selain itu, menurut Ramadhan, Polri menyita dua laptop dari kantor tersebut. Penyitaan dilakukan demi keperluan analisa serta pemeriksaan forensik.

“Telah dilakukan penyitaan dan saat ini masih dilakukan analisa dan pemeriksaan forensik terhadap 2 laptop yang digunakan,” beber Ramadhan.

Ia menambahkan, polisi telah memeriksa 14 saksi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) hingga vendor BPJS Kesehatan dalam kasus ini. Namun, pihaknya belum menjelaskan apa saja hasil pemeriksaan dimaksud.

“Telah dilakukan pemeriksaan terhadap 14 orang saksi (1 saksi pelapor Polri, 5 BPJS, 3 BSSN, dan 5 vendor),” urainya.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri bersama instansi terkait lainnya terus mengusut dugaan kebocoran data 279 juta warga negara Indonesia (WNI) peserta BPJS Kesehatan. Polri mengklaim pelaku kebocoran itu sudah mulai teridentifikasi. (KI-01)

Check Also

Diambil Sumpahnya, Advokat FERARI Diingatkan Jaga Nama Baik Organisasi

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar mengambil sumpah 15 orang advokat yang bernaung dibawah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *