Home / Nusantara / 19 Pedagang di Pasar Badung Ikuti Tes Swab
Suasana tes Swab terhadap 19 pedagang Pasar Badung. (istimewa)

19 Pedagang di Pasar Badung Ikuti Tes Swab

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak 19 pedagang di Pasar Badung, Kota Denpasar, mengikuti tes Swab, Sabtu (6/6/2020). Tes ini dilakukan menyusul adanya dua orang pedagang Pasar Badung yang dinyatakan positif Covid-19 sehari sebelumnya.

Tes Swab ini dilakukan oleh petugas dari Puskesmas I Denpasar Barat bersama Perumda Pasar Sewakadarma. Adapun mereka yang mengikuti tes Swab, semuanya adalah pedagang yang berada pada radius 10 meter dari lokasi lapak pedagang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Swab test ini sebagai tindak lanjut atau screening awal menyikapi adanya dua orang pedagang Pasar Badung yang dinyatakan positif Covid-19 sehari sebelumnya. Selain untuk memastikan kondisi kesehatan pedagang sekitar, hal ini juga sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman serta sehat bagi pengunjung dan pedagang Pasar Badung,” kata Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar IB Kompyang Wiranata, saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan tes ini.

Ia menambahkan, untuk saat ini lokasi pedagang yang dinyatakan positif Covid-19, sementara waktu akan ditutup selama 14 hari. Sedangkan untuk pedagang yang bersebelahan pada radius 10 meter, akan ditutup sementara selama 3 hari.

“Untuk keamanan dan keselamatan kesehatan bersama, saat ini pedagang yang bersebelahan akan ditutup selama 3 hari. Nanti sambil menunggu hasil Swab test, apabila hasilnya semua negatif maka pedagang di sebelahnya bisa dibuka setelah 3 hari. Untuk mensterilkan lokasi dan seluruh areal Pasar Badung, kami lakukan disinfeksi dengan melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari, sehingga lokasi tersebut bisa steril,” ujar Guskowi, sapaan akrab Kompyang Wiranata. (KI4)

Check Also

Percepat Transaksi Secara Elektronik, Pemkot Denpasar Dukung Pembentukan TP2DD

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Untuk mempercepat sistem transaksi secara elektronifikasi dan digital di daerah-daerah, Bank Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *